NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA WACANA HUMOR KIAI

Hari Kusmanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan menggali nilai-nilai pendidikan karakter pada wacana humor para kiai. Data dalam penelitian ini adalah kata, frasa, kalimat, dan wacana humor bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku humor para kiai. Sumber data dalam penelitian ini adalah humor yang terdapat pada buku humor para kiai. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, simak dan dilanjutkan dengan teknik catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan referensial. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai-nilai pendidikan karakter pada wacana humor para kiai meliputi: karakter teliti, cerdas, hati-hati, tolerensi, adil, amanah, bersyukur, rendah hati, percaya diri, menjaga persatuan, dan gigih. Nilai karakter yang paling banyak pada wacana humor para kiai bersumber dari olah pikir. Hal ini menunjukkan bahwa humor tersebut mendorong pembaca untuk giat belajar khususnya dalam menuntut ilmu.


Keywords


nilai pendidikan karakter, humor

References


Abidin, Z., & Putro, E. (2010). Ketahanan Toleransi Orang Jawa : Studi tentang Yogyakarta Kontemporer. MASYARAKAT, Jurnal Sosiologi, 15(2), 15–36.

Adhani, A. (2016). Peribahasa, maknanya, dan sumbangannya terhadap pendidikan karakter. Magistra, XXVIII(97), 97–110.

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38.

Amrullah, A. K. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah. Masrasah, 4(2), 187–199.

Aziz, Y. (2011). Penguatan Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Sosial Humaniora, 4(2), 145–163.

Bayu, M. F., & Rokhmawan, T. (2016). Representasi Bahasa Humor Dalam Acara Stand Up Comedy Di Metro Tv. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 195–202. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/

Budiyanto, D. (2009). Penyimpangan Implikatur Percakapan dalam Humor-humor Gus Dur. Litera, 8(2), 105–117. https://doi.org/https://doi.org/10.218/ltr.v8i2.1206

Doyin, M. (2006). Corak Anekdot Indonesia. LITERA, 5(1), 83–99. https://doi.org/10.21831/ltr.v5i1.6804

Fitroh, N., Azizah, A., Kurniawan, W., Pratama, B., & Ahyar, M. (2016). Mengapa Remaja Bugis Makassar Bersyukur?: Pendekatan Indigenous Psychology. INQUIRY Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2), 62–75.

Hasanah. (2013). Implementasi Nilai Karkter Inti di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2), 186–195.

Hidayatullah, F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Jatirahayu, W. (2013). Kearifan Lokal Jawa sebagai Basis Karakter Kepemimpinan. Diklus, XVII(1), 264–280.

Khoiron, A. M., & Sutadji, E. (2015). Kontribusi Implementasi Pendidikan Karakter dan Lingkungan Sekolah terhadap Berpikir Kreatif serta Dampaknya pada Kompetensi Kejuruan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 22(2), 103–116.

Kirana, C., Sumarmal, & Sulistyo, E. T. (2018). Tuturan Ekspresif Dalam Humor Politik Republik Sentilan Sentilun Di Metro Tv ( Tinjauan Pragmatik ). Kembara, 4(1), 19–21.

Kusmanto, H., & Pratiwi, D. R. (2018). Menuai Karakter Melalui Kata Mutiara di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. In Seminar Nasional Dunia Pendidikan dalam Perubahan Revolusi 4.0 (pp. 137–144). https://doi.org/doi.org/10.24071/snfkip.2018.14

Kusmanto, H., Prayitno, H. J., & Ngalim, A. (2019). Realisasi Tindak Kesantunan Berbahasa pada Komentar Akun Instagram Jokowi: Studi Polittikopragmatik. Jurnal Kandai, 15(1), 47–60. https://doi.org/10.26499/jk.v15i1.1269

Mahsun, M. S. (2014). Metode Penelitian Bahasa Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi Metode dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Maunah, B. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, V(1), 90–101.

Meirawan, D. (2010). Trilogi Karakter Manusia Bermartabat dan Implikasinya pada Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(3), 189–194.

Mulyani, S. (2005). Humor dalam majalah Djaka Lodang (Kajian Bentuk Humor). LITERA, 4(1), 77–87.

Normawati. (2015). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia Smp Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, V(1), 48–69.

Nurgiyantoro, B., & Efendi, A. (2013). Prioritas Penentuan Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sastra Remaja. Cakrawala Pendidikan, XXXII(3), 382–393.

Rafiek, M. (2018). Humor Dalam Madihin John Tralala Dan Hendra (Kajian Jenis Humor Perspektif Veatch, Gruner, Dan Hobbes). Bahasa Dan Seni : Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pengajarannya, 46(1), 57–72. https://doi.org/10.17977/um015v46i12018p057

Sabakti, S. (2018). Konsep Pendidikan Karakter dalam Buku Pandangan Orang Melayu Terhadap Anak Karya Tenas Effendy. Widyaparwa, 46(2), 189–204.

Samani, M., & Hariyanto. (2017). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Santoso, J., Sabardila, A., Wahyudi, A. B., Setiawaty, R., & Kusmanto, H. (2018). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Ungkapan Hikmah. In Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Multiprespektif (pp. 65–75).

Seran, A. (2017). Krisis Pengamalan Pancasila dan Perlunya Penguatan Ruang Publik Melalui Etika Komunikasi: Sebuah Pendekatan Etika Keutamaan. Respon, 22(2), 189–225.

Setiyanto, E. (2018). Humor dalam rambu lalu lintas. Widyaparwa, 46(2), 99–111.

Sobur, A. (2015). Analisis Teks Media Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Steven, C. D., & Sawitri, D. R. (2017). Bersyukur di Tengah Sedih dan Senangku: (Studi Kualitatif Subjective Well-Being Pada Mahasiswa Tunanetra). Empati, 5(3), 439–442. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/15368/14860

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Supa’at. (2012). Model Kebijakan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 203.225. https://doi.org/DOI 10.14421/jpi.2014.3

Supa’at. (2014). Model Kebijakan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, IIII(1), 203–225. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.203-225

Taufiq, H. (2010). Pola Pembinaan Keagamaan Dan Akhlak Mahasiswa (Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Malang). Jurnal Progresive, 4(1), 45–60.

Warami, H. (2016). Tipologi Wacana Mop “Humor” dalam Masyarakat Papua: Identifikasi dan Eksplorasi. Kibas Cendrawasih, 13(1), 17–30. https://doi.org/https://doi.org/10.26499/kc.v13i1.98

Yuniawan, T. (2005). Teknik Penciptaan Asosiasi Pornografi dalam Wacana Humor Bahasa Indonesia. HUMANIORA, 17(3), 285–292. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jh.v17i3.853




DOI: https://doi.org/10.26499/salingka.v17i1.234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SALINGKA

JURNAL SALINGKA INDEXED BY:

  Crossref 

 

 Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara    Creative Commons License  

Salingka is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

BALAI BAHASA SUMATERA BARAT

Simpang Alai, Cupak Tangah Pauh Limo

Padang 25162

Telepon (0751) 776789

Pos-el: bahasastra@gmail.com