RESPONS KEPALA SEKOLAH DAN GURU TERHADAP MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Hasnul Fikri, Ade Sri Madona, Yetty Morelent

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan respons kepala sekolah dan guru kelas V Sekolah Dasar seKecamatan Padang Timur terhadap multimedia interaktif yang bermuatan pendidikan karakter dalam
pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Datanya berupa tuturan kepala sekolah dan guru serta angket yang diisi oleh kepala sekolah dan guru. Responden penelitian adalah 57 orang kepala sekolah dan guru kelas V Sekolah Dasar se-Kecamatan Padang Timur. Tuturan kepala sekolah dan guru dalam diskusi diolah secara kualitatif, sedangkan hasil angket diolah dengan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa kepala sekolah dan guru kelas V memberikan respons positif terhadap multimedia interaktif karena mereka menyukai dan ingin memanfaatkan media ini dalam pembelajaran bahasa Indonesia, termasuk penanaman karakter. Mereka juga menyatakan bahwa kendala pemanfaatan media ini perlu disiasati dengan bijak sehingga media ini dapat dimanfaatkan secara optimal. Dengan demikian, media ini layak untuk diujicobakan pada skala luas.

Keywords


respons; kepala sekolah dan guru; multimedia interaktif; pembelajaran bahasa Indonesia; pendidikan karakter



DOI: https://doi.org/10.26499/salingka.v15i01.253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SALINGKA

Salingka publish by Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa bekerja sama dengan Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya (PPJB-SIP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

Office: Simpang Alai, Cupak Tangah Pauh Limo, Padang 25162,

Telepon (0751) 776789, Pos-el: bahasastra@gmail.com