ANALISIS BASIS PERBANDINGAN WACANA IKLAN PRODUK KECANTIKAN DALAM MEDIA TELEVISI INDONESIA DAN PERGERAKAN WACANANYA Basis Analysis of Discourse Comparative of Beauty Product Advertisements in Indonesian Television and It’s Discourse Movement
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian diambil dari iklan produk kecantikan dengan merek Citra dan Shinzu'i. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dan membaca pergerakan wacana iklan produk Citra dan Shinzu'i yang muncul di televisi Indonesia. Analisis perbandingan wacana dilakukan atas teori perbandingan wacana (BREAK). Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan analisis data dilakukan dengan metode analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam konfigurasinya kedua wacana memiliki esensi yang sama (kovergen). Kedua wacana memiliki esensi sebagai media promosi produk kecantikan. Konfigurasi dalam butir spirit menunjukkan bahwa kedua wacana memiliki motif yang berbeda (divergen) dalam mempromosikan produknya. Wacana primer muncul dengan sebuah identitas produk yang menekankan pada keunggulan dan kecantikan alami wanita Indonesia. Wacana sekunder hadir dengan keunggulan dan kecantikan alami wanita Jepang. Esensi dan spirit wacana dalam butir konfigurasi menunjukkan bahwa tipe pergerakan wacananya adalah konvergen-divergen (KODI).
Keywords
Linguistik
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.26499/salingka.v17i1.271
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 SALINGKA
Salingka publish by Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa bekerja sama dengan Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya (PPJB-SIP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Office: Simpang Alai, Cupak Tangah Pauh Limo, Padang 25162,
Telepon (0751) 776789, Pos-el: bahasastra@gmail.com