ANALISIS WACANA KRITIS: KESETARAAN GENDER DALAM IKLAN KEPERLUAN RUMAH TANGGA DI TELEVISI
Abstract
Penelitian ini mengkaji kesetaraan gender dan citra gender yang terdapat dalam iklan keperluan rumah tangga di televisi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis pendekatan analisis wacana kritis Sara Mills. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini ialah teknik dokumentasi. Data yang digunakan berupa percakapan atau teks, kombinasi gambar, warna, serta desain beserta konteksnya yang mengindikasikan adanya wujud kesetaraan gender dan wujud citra gender dalam iklan keperluan rumah tangga di televisi. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah iklan televisi mengenai keperluan rumah tangga pada channel RCTI, Net TV, dan Global TV yang ditayangkan pada 21 – 27 Maret 2021. Berdasarkan data yang diperoleh, wujud kesetaraan gender pada iklan keperluan rumah tangga di televisi digambarkan dengan pengiklan yang menunjukkan peran perempuan yang dapat melakukan peran di ranah umum seperti bekerja, berpendidikan, serta berargumentasi dengan orang lain, peran laki-laki yang ditampilkan yakni dapat melakukan kegiatan di ranah domestik seperti memasak serta mengurus keluarga. Citra pada kelima iklan yang telah ditampilkan tersebut menunjukkan bahwa peran perempuan juga bisa setara dengan laki-laki begitu pula sebaliknya.
Kata Kunci: analisis wacana kritis, kesetaraan gender, iklan keperluan rumah tangga.Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anastasia, M. (2006). Menjelajah Tubuh: Perempuan dan Mitos Kecantikan. Lkis.
Chaer, A. (2012). Linguistik Umum (Edisi Revisi). Rineka Cipta.
Darma, Y. A. (2013). Analisis Wacana Kritis. Yrama Widya.
Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Kencana Prenada Media Group.
Fakih, M. (1995). Menggeser Konsepsi Gender Dan Tranformasi Sosial. Pustaka Pelajar.
Khotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran. Prenhallindo.
Kusuma, R. (2014). Representasi Fashion Sebagai Kelas Sosial Dalam Film the Devil Wears Prada Dan Confessions of a Shopaholic. Ilmu Komunikasi Dan Informatika, 2.
Manusia, L. B., Manusia, L. P., Report, H. D., Declaration, T. U., Rights, H., Universal, D., Asasi, H., Pbb, M. U., Pbb, M. U., Segala, P., Diskriminasi, B., Forms, A., Women, D. A., Wanita, K., Cedaw, K., Women, D. A., Perempuan, H. A., & Dunia, K. (1995). Pembangunan Manusia Berbasis Gender.
Mills, S. (2007). Diskursus: Sebuah Piranti Analisis dalam Kajian Ilmu Sosial (Pertama). Qalam.
Ningsih, W. (2018). Nilai-Nilai Edukasi Islam dalam Novel “Pudarnya Pesona Cleopatra” (Analisis Wacana Kritis Model Sara Mills). Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 47. https://doi.org/10.30651/lf.v2i2.1610
Parameswari, P. (2016). Membaca Makna di Balik Iklan Produk
Pencokelat Kulit Nivea: Representasi Kecantikan Perempuan di Jerman. ETTISAL Journal of Communication, 1(1), 3. https://doi.org/10.21111/ettisal.v1i1.1049
Pertiwi. (2008). REPRESENTASI IDEOLOGI DALAM IKLAN CETAK: Telaah atas IkIan “Rabbani” Edisi Ramadhan 2006 Pertiwi. Jurnal Dakwah, IX(l), 47–61.
Uljannah, U. N. (2017). GERAKAN PERLAWANAN PEREMPUAN DALAM NOVEL (Analisis Wacana Kritis Sara Mills dalam Novel Maryam Karya Okky Madasari). Bachelor’s Thesis, 210. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/37118/1/UMMAMAH NISA ULJANAH-FDK.pdf
Wasista, R. M. P. (2012). Representasi kecantikan perempuan postcolonial dalam iklan.
Wiranatha, F. D., & Supriyadi, S. (2015). Hubungan Antara Citra Tubuh Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Pelajar Puteri Di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 2(1), 38–47. https://doi.org/10.24843/jpu.2015.v02.i01.p04
DOI: https://doi.org/10.26499/salingka.v19i1.640
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 SALINGKA
Salingka publish by Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa bekerja sama dengan Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya (PPJB-SIP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Office: Simpang Alai, Cupak Tangah Pauh Limo, Padang 25162,
Telepon (0751) 776789, Pos-el: bahasastra@gmail.com